☆ Versus: Selalu Ada Harapan di Antara Perbedaan || Â PDF Read by ↠ Robin Wijaya
Sep 18, 2020 - 22:37 PM By Robin Wijaya

AMRI Perselisihan ini tidak akan pernah selesai Dan aku tahu, kami akan selalu hidup dalam bayang bayang pertikaian Seperti cerita turun temurun yang diwariskan dari generasi generasi sebelum kami CHANDRA Menjadi dewasa mengajarkan gue kalau hidup itu nggak pernah jadi lebih mudah Lo harus siap menghadapi segala hal yang sama sekali nggak menyenangkan BIMA Saya berkutAMRI Perselisihan ini tidak akan pernah selesai Dan aku tahu, kami akan selalu hidup dalam bayang bayang pertikaian Seperti cerita turun temurun yang diwariskan dari generasi generasi sebelum kami CHANDRA Menjadi dewasa mengajarkan gue kalau hidup itu nggak pernah jadi lebih mudah Lo harus siap menghadapi segala hal yang sama sekali nggak menyenangkan BIMA Saya berkutat dalam masalah mereka yang membenci perbedaan Saya tidak sedang berusaha mencari kesamaan atau membuat persamaan agar kita bisa saling menerima Saya berusaha hidup di antara itu semua Hidup di antara perbedaan VERSUS adalah kisah persahabatan tiga orang lelaki Tiga orang muda yang punya sudut pandang dan prinsip masing masing Dengarkanlah baik baik karena mereka akan mulai bercerita Tentang perbedaan, kebersamaan, dan pemikiran yang satu.
  • Title: Versus: Selalu Ada Harapan di Antara Perbedaan
  • Author: Robin Wijaya
  • ISBN: 9789797806705
  • Page: 160
  • Format: Paperback

Comments

Haqi Achmad Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Ini pertama kalinya saya membaca karya Robin Wijaya dan saya benar-benar menikmatinya. Versus merupakan karya bernuansa maskulin yang menceritakan persahabatan tiga pria bernama Amri, Bima, dan Chandra. Persahabatan yang menarik. Persahabatan yang penuh warna.Versus membawa saya ke dunia yang sangat menyenangkan.Versus membawa saya bernostalgia pada masa keemasan di era 90-an.Versus membawa saya ke dunia maskulin yang selama ini jarang diangkat penulis lain.Versus: karya yang menarik.
Click to Replay
Alfa Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Ini karya Robin Wijaya pertama yang saya baca dan, bisa dibilang, saya menikmatinya. Pertama-tama, setelah membaca abstraknya, saya mikir, “Oh, bahasannya secara umum tentang perbedaan.” Dari pemikiran tersebut, saya memang nggak berharap banyak dari buku ini. Untuk ukuran seseorang yang butuh bacaan ringan, saya langsung terbeli sama abstraknya. Sampai sana saya belum ada gambaran ‘perbedaan’ macam apa yang dimaksud. Sampai saya baca beberapa halaman (bahkan beberapa bab pun), saya juga [...]
Click to Replay
Untung Wahyudi Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Sebagai kelompok minoritas, etnis Tionghoa pernah menjadi korban pengusiran oleh warga pribumi. Kondisi ekonomi dan politik yang tidak stabil menjadi salah satu pemicunya. Puncaknya, pada Mei 1998, ketika genderang reformasi untuk kali pertama ditabuh. Ketika ribuan mahasiswa di berbagai perguruan tinggi turun ke jalan, meneriakkan reformasi untuk melengserkan presiden yang berkuasa selama 32 tahun.Chandra, salah seorang tokoh sentral dalam novel Versus karya Robin Wijaya menjadi bagian yang tak [...]
Click to Replay
Utami Embun Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Baiklah sodara-sodara, ini bukan novel cinta-cintaan seperti yg ditulis sebelum-sebelumnya oleh Robin Wijaya. Dari facebook penulis, udah ada bocorannya sebenernya, katanya tentang brotherhood. Saya nggak punya referensi lain tentang novel semacam ini karena lebih sering dicekokin drama korea. jadi tidak bisa membandingkan, kecuali film 9 Naga yang menurut saya bagus dan sarat makna.Ada apa dibalik Versus?Awalnya saya kira cuma cerita cowok-cowok aja yang temenan, terus muncul konflik dalam pers [...]
Click to Replay
Abdul Azis Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Buku karangan Robin Wijaya yang kedua yang gue baca setelah #SPTC ROMA yang menurut gue juara di QUOTESnya itu, dari judul udah menarik-VERSUS-kayanya pas gue liat covernya gue bakalan disuguhi problematika kehidupan yang didasarkan dari dua orang atau lebih. cerita dibagi jadi tiga Fragmen dari tokoh utama, yaitu AMRI, CHANDRA, dan BIMA. Fragmen Pertama (AMRI),bisa dibilang Robi menjabarkan sosok amri dengan punya masalah keluarga kronis sama bapaknya yang seorang polisi, dengan adik yang sakit [...]
Click to Replay
Aldi Yo Sep 18, 2020 - 22:37 PM
4.5 starsMenutup buku ini dengan puas. Novel yang bagus dan tidak berlebihan. Waktu baca ini, gue langsung inget Before Us. Perasaan yang gue rasain sama kayak waktu baca Before Us: jujur dan apa adanya.Yang gue suka dari Versus adalah cara Robin meramu cerita. Besides, ide ceritanya nggak banyak diangkat oleh penulis-penulis lokal. Bisa dibilang, sedikit anti mainstream lah. Dan cerita juga digulirkan oleh 3 orang tokoh-tokoh yang masing-masing mengambil peran dalam sebuah fragmen. Ini yang bik [...]
Click to Replay
Bagus Tito Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Anyway, ini karya ketiga Bang Robin yang gue baca setelah Before Us dan STPC: Roma, Con Amore. Paska membaca novel debut Bang Robin terbitan GagasMedia, gue emang sudah mengukuhkan diri buat ngikutin karya-karyanya. Dan begitu usai membaca novel ini, gue makin cinta sama gaya menulisnya.Kali ini, Bang Robin mengusung tema tentang Jakarta. Yah, jakarta dengan segala paradoks, realita dan segala unsur tersembunyinya. Versus berkisah tentang 3 tokoh: Amri, Chandra dan Bima. 3 orang lelaki dengan 3 [...]
Click to Replay
Odet Rahmawati Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Awalnya, saya tertarik untuk membeli buki Roma karya kak Robin. Tapi saat berbincang-bincang langsung bersama editornya, saya malah jadi beli Versus. Dan saya rasa, ini bukan keputusan yang keliru.Versus buku yang menarik. Asyik banget baca dari awal. Semua tokoh berkarakter dan di bagian Bima banyak yang bikin saya sesak napas. Keren.Buku yang komplit. Persahabatan, keluarga, hubungan antar adik dan kakak, Ayah dan anak laki-laki, juga percintaan.Kalau mau baca novel yang ceritanya enggak berku [...]
Click to Replay
Dion Sagirang Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Sudah saya katakan kalau saya akan membaca karya Robin. Membaca Versus seperti melihat come back penulis. Membaca novel ini dengan sajian pov pertama jamak, seperti dikembalikan ke waktu saya membaca debutnya, Before Us. Saya suka gaya bertutur penulis di novel itu--yang tidak ditemukan di dua buku selanjutnya--dan hadir kembali di VERSUS.Kekurangan di mata saya, hanya penggunaan pov pertama 'Gue' yang agak kagok.Selamat
Click to Replay
Rido Arbain Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Menyelesaikan novel ini dengan embusan napas lega. Robin sukses mengajak kita bernostalgia dengan ornamen dan setting khas 90-an. Juga sukses mengenalkan pada kita siapa tokoh Amri, Bima, dan Chandra. Tentang kentalnya persahabatan mereka, tentang perkara pelik keluarga mereka masing-masing, dan tentang cara pandang mereka dalam tiga fragmen berbeda. Membaca novel ini seperti membaca buku yang ditulis secara estafet.
Click to Replay
ABO Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Karena blogger (nggak tau kenapa) lagi nggak bisa diakses, review-nya diposting duluan di sini aja yak :))Judul: VersusPengarang: Robin WijayaPenerbit: GagasMediaTahun Terbit: 2013Tebal: 400 halaman“Satu hal lagi yang aku pelajari kini, bahwa manusia tak akan pernah punya sikap adil. Kita akan cenderung membela apa yang kita sukai.”3 sahabat yang berasal dari latar belakang keluarga berbeda dengan keterlibatan pada konflik yang sama: perselisihan antar kampung. Kampung Bayah dan Kampung Anya [...]
Click to Replay
Desty Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Pertama kali saya berkenalan dengan tulisan Robin Wijaya adalah lewat cerpennya Hujan Tanpa Pelangi di buku Kkmcer Dongeng Patah Hati, yang juga diterbitkan oleh Gagas Media. Saya menyukai tulisannya, makanya ketika novel Versus ini keluar, saya langsung membelinya.Versus bercerita tentang 3 orang sahabat bernama Amri, Chandra dan Bima. Kisah mereka dibuka dengan kematian Bima. Amri dan Chandra yang menghadiri pemakaman sahabatnya itu hanya bisa terdiam tanpa meneteskan air mata, meski dalam hat [...]
Click to Replay
Mudin Em Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Awalnya, saya sempat underestimate mendengar Robin sedang menulis novel yang konfliknya adalah tawuran antar kampung. Bukannya kenapa, tulisantulisan Robin di novelnovel sebelumnya cenderung melankolis dan mendayudayu. Novel Versus, yang saya dengar proses penulisannya sejak awal masuk GagasMedia, disebutsebut akan memiliki plot maskulin. Berbeda dengan novelnovel GagasMedia yang kebanyakan feminin termasuk novel Robin sebelumnya. Hampir setahun, sampai saya lupa, tibatiba saya mendapat email po [...]
Click to Replay
Dwi Kartika Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Setelah baca buku terakhir penulis yang judulnya Roma terus baca ini langsung nanya, ini serius orang yang sama yang nulis? Sumpah, beda banget. Bukan cuma dari isi dan ide cerita aja, tapi cara ngebawainnya juga beda. Yahhhh kita tau lah, Robin selalu menuhin novelnya dgn tulisan2 puitis, romantis, galau dan semacam itu. Sementara disini ceritanya maskulin banget. Ada sih bagian2 yg lucu juga kayak waktu Chandra pacaran sama cewek chinese, tapi ya udah nggak gombal gitu.Seperti biasa, saya lebi [...]
Click to Replay
Nur Fauziah Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Selesai dalam sekali duduk aja ternyata. Mumpung masih anget di otak, langsung review deh.Antara 4 atau 4.5 sebetulnya. Bisa aja sih dibuletin jadi 5. Cuma karena pengennya baca yg cinta-cintaan, jadi nggak ngasih full deh ya.Cerita di novel ini bisa dibilang kompleks. 3 tokoh utama yang punya masalah sendiri-sendiri. Konflik terbesar Amri adalah masalah Ayahnya yang single parent dan mendidik dia dengan keras dan disiplin. Selain itu Amri punya Danu, adik semata wayang yang diakhir cerita jadi [...]
Click to Replay
Alfian Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Bayangin, gue beli buku ini sampai ke Bandung! (Btw, gue domisili di Jawa Timur #GagalPokus)Lagi-lagi gue melakukan sebuah kesalahan --> berekspetasi terlalu tinggi. Tahu kenapa? Sebelum baca novel ini gue udah wara-wiri liat promo-nya yang demikian gencar dan baca review-nya di . Rata" bintang 4 (bahkan 5) dari mayoritas pembaca. Gue tetep pingin objektif ngasih bintang, meski gue nggak suka sama tema atau nuansa ceritanya, selagi isinya masih ok, gue harus ngasih bintang yang sesuai dengan [...]
Click to Replay
Ardi Rz Sep 18, 2020 - 22:37 PM
This Book is Greatt!! pas selesai baca aku langsung puas. cerita yang berada dalam novel bang Robin ini berbeda dari cerita yang biasa aku baca. biasanya aku dapat buku romance yang cerita nya tentang cinta, tapi sekarang ini lain, buku ini menceritakan tentang konflik yang tak berkesudahan yang tidak memiliki garis start dan garis finish karena selalu terulang dari masa ke masa!Buku ini terdiri dari prolog-3fragmen-dan epilog. prolognya menceritakan tentang kematian Bima yang meninggalkan duka [...]
Click to Replay
Amaya Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Amri, Chandra, dan Bima. Tiga sahabat yang superkompak. Partner in crime paling solid. Dalam VERSUS, mereka berkisah tentang kehidupan masing-masing, juga tentang bagaimana mereka memandang satu sama lain. Amri, anak polisi yang piatu. Mendapat didikan keras, mendapat perlakuan pilih kasih dari ayahnya—yang lebih menyayangi adik lelaki Amri. Amri hidup dalam tekanan. Tuntutan untuk mengikuti keinginan ayahnya, dan relasi rumit dengan ayahnya yang tampaknya tidak akan pernah bisa berdamai. Untu [...]
Click to Replay
Dian Putu Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Tiga sahabat dari latar belakang hidup yang berbeda, dipertemukan oleh takdir yang sama, sama-sama harus menjadi pejuang untuk kampungnya, Kampung Bayah.Permusuhan yang mendarah daging, akhirnya dianggap sebagai tradisi yang turun temurun, membuat Amri, Chandra dan Bima sering kali harus berurusan dengan anak-anak Kampung Anyar. Kampung yang menjadi musuh bebuyutan Kampung Bayah sejak bertahun-tahun lamanya. Sebenarnya, tak ada yang tahu apa yang membuat mereka bertarung. Hanya sebuah titel ‘h [...]
Click to Replay
Finesta Biyantika Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Buku keduanya Robin Wijaya yang saya baca setelah Roma, dan asli Versus ini saya suka banget! Setting pas zaman akhir Orba sekaligus krismon ini bikin novel ini beda banget sama novel-novel lainnya. Kritik sosial berhamburan di tiap paragraf, mulai dari krismon, tawuran, sampai rasisme yang dikemas menarik dan gak bikin bosen. Intinya novel ini ngambil tema 'perbedaan'. Oiya, di novel ini juga ada tiga fragment dari sudut pandang Amri dengan 'Aku'-nya, Chandra dengan 'Gue'-nya, dan terakhir Bima [...]
Click to Replay
Fakhrisina Amalia Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Saya menyukai buku ini dengan cara yang aneh.Entahlah, maksud saya, saya juga nggak mengerti kenapa suka dengan buku ini. Selain karena buku ini bukan romance (ada sih, romance-nya, sedikit), saya juga bukan orang yang suka membaca buku-buku yang di dalamnya sarat emosi, kebencian, pertikaian (dan mungkin ini ada hubungannya dengan selera saya yang lebih suka drama-drama macam cinta bertepuk sebelah tangan atau mantanan yang tiba-tiba balikan, atau sama-sama suka tapi tidak pernah saling mengung [...]
Click to Replay
Dewi Wulandari Sep 18, 2020 - 22:37 PM
TEORI PARADOKSsetelah selesai baca buku ini, aku langsung googling apa sih teori paradoks itu. penjelasannya bikin pusing, tapi dari ilustrasinya mudah dimengerti. Buku ini aku beli bareng sama Restart-Nina Ardianti. well, Versus bercerita tentang 3 sahabat; Amri dengan konflik keluarganya (Ayahnya tepatnya) yang selalu memandang Amri di pihak yang salah. Chandra, konflik yang dihadapi Chandra lebih rumit karena berhubungan dengan SARA. Chandra lahir di keluarga beretnis Tionghoa dan pada waktu [...]
Click to Replay
Shabrina Ayu Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Baca karya Robin Wijaya untuk kedua kalinya. :)Awalnya agak ragu buat beli buku ini. Jujur aku agak kurang suka sama sampul depannya. Tapi akhirnya aku penasaran dan coba cari tahu di . Ternyata banyak yang bilang keren. Akhirnya aku beli deh.Seperti kisah-kisah lainnya aku selalu terpesona sama bagaimana cara para lelaki bersahabat. Mereka tidak perlu menceritakan banyak hal untuk saling tahu satu sama lain. Berbeda dengan kami para wanita yang cenderung lebih banyak cerita.Ketika baca bagian p [...]
Click to Replay
Sarah Ratu Annisa Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Menutup buku ini dengan perasaan campur aduk. Antara puas, terpukau, sedih, dan penasaran. Ceritanya agak ngatung. Masih penasaran Bima dibunuh siapa, siapa jodohnya Amri; apakah dia bisa move on dari Nuri, nasib Arya gimana, dsb. Kadang ending dari sebuah cerita nggak harus dijabarkan setiap penulis, kadang penulis sengaja bikin cerita ngegantung supaya pembaca bisa berimajinasi sendiri.Karya kedua dari Mas Robin Wijaya yang saya baca, sebelumnya saya pernah baca ROMA, dan sumpah saya gak perca [...]
Click to Replay
Aesna Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Siapalah saya, seorang pembaca awam yang coba-coba mengulas sedikit tentang novel karya Robin Wijaya ini.Kalo kamu bosan dengan cerita cinta yang lagi marak banget sekarang.Dan butuh bacaan segar dan genre yang berbeda.Maka kamu wajib baca ini!!Bima, Chandra, dan Amri. Tiga sahabat yang sangat berbeda, sungguh sangat berbeda, baik keluarga, latar belakang, cinta, sekolah, dan lainnya.Mereka hidup pada masa 1998, di mana Indonesia tengah bergejolak saat itu.Tinggal di Kampung Bayah, yang hanya di [...]
Click to Replay
Marina Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Versus by Robin WijayaJakarta: Gagas media, 2013 (400 halaman)Bagus! Masih jarang nemu cerita dengan persahabatan 3 cowok, sekilas inspirasinya mirip sama film mengejar matahari ceritanya menarik dibagi dari 3 sudut pandang (Amri, Chandra, Bima) yang mencoba berdamai dengan luka di masa laluAmri, yg selalu berselisih paham dengan ayahnya dan berubah ketika Adik satu2nya Danu meninggal ketika tawuran antar kampungChandra, seorang tionghoa yang sangat sensitif dengan isu SARA yg sering diangkat ol [...]
Click to Replay
Ahmad Irfandi Rahman Sep 18, 2020 - 22:37 PM
VERSUS.Well, lima bintang buat novel ini.Entah mengapa gue sangat terkesan dengan novel buatan Robin Wijaya. Fragmen satu di buka sama Amri yang melankolis tapi! Ugh! Gue suka Amri, sosok kakak yang harus gue tiru karena gue anak pertama dan punya adik laki-laki juga.Chandra, di fragmen kedua, mengajari gue gimana caranya bergelut dengan kepayahan yang dimiliki seseorang. Bagaimana menggunakan rasa takut sebagai acuan dari permulaan sebuah keberanian. Satu hal lagi yang gue simpulkan sendiri set [...]
Click to Replay
Galuh Tyas Wijiastuti Sep 18, 2020 - 22:37 PM
Ini novel pertama Robin Wijaya yang saya baca dan saya langsung jatuh cinta sama tulisannya. Kemana aja saya selama ini? Robin Wijaya bakal masuk jadi penulis cowo favorit setelah Andi Eriawan dan Moemoe rizal. Plis saya selalu penasaran sama penulis-penulis cowo dan mereka semua ngena banget di hati #cikiNovel ini bukan tentang cinta-cintaan yang menye-menye, novel ini maskulin banget. Kerasa banget persahabatan tokoh-tokohnya. Mereka bertiga punya kesan tersendiri. Butuh satu minggu buat move [...]
Click to Replay
Puput Sep 18, 2020 - 22:37 PM
BAGUS BANGEEEEET!!! :*** Suka sama ide ceritanya yg ngga biasa, karakternya terutama Bima, dan cara penulisannya. Cara penulisan setiap fragmen bener-bener mewakili karakter tokohnya. Amri yang kalem tapi tangguh, Chandra yang outspoken, dan Bima yang selalu berpegang sama keyakinannya sendiri. Ciri khas mereka bener-bener tercermin dalam tulisan. Salut! Enjoy banget baca cerita mereka, mulai dari ceritanya yang memang seru sampai dialog-dialog antar tokohnya yang khas cowo dan kocak. Pembaca be [...]
Click to Replay

Leave a Comment

Name
Email
Your Comment
Versus: Selalu Ada Harapan di Antara Perbedaan By Robin Wijaya AMRI Perselisihan ini tidak akan pernah selesai Dan aku tahu, kami akan selalu hidup dalam bayang bayang pertikaian Seperti cerita turun temurun yang diwariskan dari generasi generasi sebelum kami CHANDRA Menjadi dewasa mengajarkan gue kalau hidup itu nggak pernah jadi lebih mudah Lo harus siap menghadapi segala hal yang sama sekali nggak menyenangkan BIMA Saya berkutAMRI Perselisihan ini tidak akan pernah selesai Dan aku tahu, kami akan selalu hidup dalam bayang bayang pertikaian Seperti cerita turun temurun yang diwariskan dari generasi generasi sebelum kami CHANDRA Menjadi dewasa mengajarkan gue kalau hidup itu nggak pernah jadi lebih mudah Lo harus siap menghadapi segala hal yang sama sekali nggak menyenangkan BIMA Saya berkutat dalam masalah mereka yang membenci perbedaan Saya tidak sedang berusaha mencari kesamaan atau membuat persamaan agar kita bisa saling menerima Saya berusaha hidup di antara itu semua Hidup di antara perbedaan VERSUS adalah kisah persahabatan tiga orang lelaki Tiga orang muda yang punya sudut pandang dan prinsip masing masing Dengarkanlah baik baik karena mereka akan mulai bercerita Tentang perbedaan, kebersamaan, dan pemikiran yang satu.

Share this article...
  • ☆ Versus: Selalu Ada Harapan di Antara Perbedaan || Â PDF Read by ↠ Robin Wijaya
    160 Robin Wijaya
  • thumbnail Title: ☆ Versus: Selalu Ada Harapan di Antara Perbedaan || Â PDF Read by ↠ Robin Wijaya
    Posted by:Robin Wijaya
    Published :2020-06-07T22:37:22+00:00